TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG KESEHATAN

Standar

Di zaman yang sangat berkembang pesat ini, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat saat ini membawa perubahan yang besar di masyarakat. Sistem komunikasi dan pertukaran informasi global melalui internet bisa dilakukan kapan saja dan tanpa terhalang jauhnya tempat. Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh besar atas ilmu dan pandangan dunia. Perkembangan Internet yang luar biasa menghilangkan batasan wilayah dan waktu. Internet begitu pesat telah merambah ke berbagai sektor, salah satunya kesehatan.

Teknologi Informasi dan komunikasi komputer merupakan bagian penting dari berbagai informasi. Begitu cepat perkembangan ilmu medis tiap harinya bahkan tiap menitnya.  Oleh karena itu, internet sangat berguna di tengahtengah masyarakat Teknologi Informasi dan Komunikasi digunakan dalam pelayanan kesehatan. Dengan menggunakan pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Oleh karena itu, tantangan buat kita masyarakat luas beserta pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan. Dengan pelayanan kesehatan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi maka akan mengurangi kesalahan. Karena ketika menggunakan manual maka akan mengandalkan dokumen kertas dan akhirnya akan menimbulkan kesalahan dan memerlukan waktu yang banyak.  Bahkan membantu dokter, perawat dan tenaga medis lainya untuk saling bertukar informasi elektronik sehingga memberikan efisiensi. Mengakibatkan adanya kerjasama langsung melalui internet. Komunikasi antara pasien dan tenaga medis perlu dibangun untuk menghindari dampak penyalahgunaan internet dalam kesehatan.  Sekaligus memanfaatkan internet dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

TIK banyak diaplikasikan di bidang medis. Banyak rumah sakit menggunakan sistem informasi untuk menangani transaksi yang berhubungan dengan karyawan, justru medis, dan pasien. Sebagai contoh, sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien secara elektronis.Teknologi informasi juga banyak diterapkan pada berbagai peralatan medis, misalnya pada CT scan (computer tomography).

Stetoskop

Stetoskop adalah salah satu alat yang sudah menjadi simbol dari profesi kedokteran. Wajib bagi seorang dokter untuk memiliki alat kedokteran ini. Fungsi dari stetoskop ini adalah untuk mendengarkan detak jantung, suara usus, dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya ini, Stetoskop dapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi.

Tensimeter

Alat kedokteran ini dipergunakan untuk mengukur tensi atau tekanan darah. Dipergunakan untuk pemeriksaan pasien hipertensi, anemia, dan lain sebagainya. Ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensimeter digital.Tensimeter air raksa di luar negeri saat ini sudah dilarang untuk digunakan lagi karena bahaya dari air raksanya jika tensimeter tersebut pecah. Tensimeter digital sendiri lebih canggih dan praktis dipergunakan, namun harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan yang konvensional.

Termometer

Termometer adalah alat kedokteran yang dipergunakan untuk mengukur suhu tubuh. Ada dua jenis termometer yaitu termometer raksa dan digital. Perbedaannya terletak pada alat pengukurnya. Untuk termometer digital, jika suhu tubuh sudah di dapat maka alat tersebut akan mengeluarkan bunyi dengan sendirinya sedangkan termometer raksa sendiri deteksinya memakan waktu yang lama, sehingga kurang efisien untuk dipergunakan. Ini salah satu alat yang wajib dimiliki dan tersimpan di kotak P3K Anda.

Alat Cek Darah

Alat cek darah biasanya memiliki tiga fungsi dalam satu alat. Selain untuk mengecek kadar gula darah, juga dapat digunakan untuk mengecek asam urat dan kolesterol dalam darah. Dipergunakan pada pemeriksaan penyakit kolesterol, asam urat, diabetes, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s