Pulau Karimunjawa, INDONESIA

Standar
ASAL-USUL
Nama Karimunjawa berasal dari cerita masyarakat jawa pada jaman kasunanan Muria “Kremun-kremun saka Jawa” berarti samar-samar dari Jawa. Dan memang kepulauan Karimunjawa hanya terlihat samar-samar saja dari daratan pulau Jawa terutama dari Jepara.
Kepulauan ini sudah ditetapkan sebagai Taman Nasional dengan nama Taman Nasional Karimunjawa, dengan luas 111.625 Ha meliputi 22 pulau. Pusat administratif Kepulauan Karimunjawa terlatk di pulau Karimunjawa, di pulau inilah terdapat kantor kecamatan. Pengelola dari taman nasional ini adalah Balai Taman Nasional Karimunjawa yang memiliki kantor pusat di Semarang – Jawa Tengah. Segala kegiatan penelitian yang akan diadakan di kepulauan Karimunjawa harus melalui badan ini dalam hal proses perijinan.
KONDISI UMUM
Kepulauan Karimunjawa terletak di laut Jawa tepatnya di utara Kab.Jepara. Jarak dari pelabuhan Kartini jepara kurang lebih 45 mill sedangkan dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang kurang lebih 85 mill. Topografi dari kawasan ini berupa dataran rendah yang bergelombang, dengan ketinggian antara 0-506 m dpl.
Sumber mata air di kepulauan ini tidak tersebar secara merata dan. Sumber mata air dengan kualitas yang relatif baik berada di Pulau Karimunjawa, Kemujan, Parang dan Nyamuk. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan air yang diperlukan wisatawan atau penduduk sekitar diambil dari pulau-pulau tersebut. walaupun kualitas airnya tidak sebaik dengan yang ada di daratan pulau jawa, air tawar yang ada di pulau ini masih layak untuk dipergunakan.
PARIWISATA

*Akomodasi
Untuk dapat sampai ke pulau ini bisa ditempuh melalui 2 jalur yaitu jalur laut dan jalur udara. Untuk jalur laut bisa melalui Jepara dan Semarang. Dari Jepara menggunakan KMP Muria dengan lama perjalanan 6 jam. Kapal ini berangkat dari Jepara setiap Rabu dan Sabtu. Dari Karimun setiap Kamis dan Sabtu. Sedangkan dari Semarang menggunakan Kapal cepat Kartini dengan lama perjalanan 3 jam. Berangkat dari Semarang hari Sabtu dan Senin, dari Karimun pada hari Minggu dan Selasa. Pemberangkatan kapal tidak setiap hari,hanya pada hari-hari tertentu saja. Maka tidak heran pada hari keberangkatan kapal banyak disesaki oleh warga.
Pemilihan kapal sesuai dengan selera kita, jika ingin cepat sampai naiklah Kapal cepat Kartini namun dengan harga tiket Rp.100.000 lebih. Jika ingin menikmati perjalanan laut bisa naik Kapal Muria dengan harga yang lebih murah tentunya sekitar Rp.25.000, namun ada kelas VIP juga dengan harga yang tidak jauh berbeda. Fasilitas dan kenyamanan yang didapat tentu juga akan berbeda. Di Kapal Muria, penumpang bisa duduk, tidur dimana saja bahkan di lantai dibawah kursi pun bisa. Beda halnya dengan kapal Kartini dimana anda duduk dengan teratur, ruangan ber-AC dan tentu kenyamanan yang didapat.
Satu lagi alat transportasi menuju Kepulauan Karimunjawa yaitu pesawat terbang. Pesawat ini terbang dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Dewandaru di Pulau Kemujan. Namun tidak semuanya bisa bebas menggunakan pesawat karena fasilitas ini dijual dengan sistem paket wisata yang dikelola oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Resort ini tertutup dan hanya bisa dinikmati sesuai dengan paket. Pada umumnya resort ini diminati oleh wisatawan asing dan domestik yang memiliki budget yang lebih.
Penginapan
Untuk menikmati liburan disini tidak akan menguras isi kantong anda dalam hal penginapan karena penduduk di sana menyediakan fasilitas homestay. Jadi dengan budget minimal anda bisa memperoleh tempat penginapan yang nyaman. Terdapat banyak homestay khususnya di pulau karimunjawa, ada yang berharga mahasiswa maupun harga umum. Khusus mahasiswa pada umumnya dipatok tarif Rp. 50.000 untuk satu malam dan sudah termasuk makan.
Jika ingin menginap di tempat yang agak berbeda bisa dicoba menginap di penginapan apung. Penginapan ini akan memberikan kesan yang berbeda karena berada di laut, jadi sekeliling kamar kita adalah laut. Untuk dapat sampai ke penginapan ini disediakan kapal kayu oleh pemilik penginapan. Dengan bangunan yang terbuat dari kayu tentu akan bisa merasakan angin laut yang masuk melalui sela-sela kayu. Begitu keluar kamar yang dilihat hanyalah hamparan air laut dan kita bisa bermain-main dengan ikan, bisa memberi makan ikan. Tidak perlu khawatir dengan ketersediaan listrik dan air. Listrik akan dinyalakan menggunakan genset pada sore hingga pagi hari, sedangkan air diambil dari pulau karimunjawa. Ada beberapa tarif dalam penginapan apung ini,karena ada kamar yang dilengkapi dengan fasilitas AC. Untuk tarif kamar biasa dan harga mahasiswa Rp. 50.000 semalam. Cukup murah bukan? Ada satu hal lagi yang membedakan penginapan ini dengan penginapan di darat yaitu kita bisa melihat hiu dari dekat. Ya!!Hiu.. Karena terdapat kolam di dalam penginapan yang digunakan untuk penangkaran hiu, adapula bintang laut. Kita juga bisa turun ke dalam kolam untuk memberi makan hiu, tapi dengan diawasi oleh pengawas tentunya. Karena perlu kehati-hatian dalam memberi makan ikan hiu.
Wisata Bahari
Kepulauan Karimunjawa terkenal dengan wisata baharinya. Disini banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti Diving (menyelam), Snorkling, memancing dll.. Yang paling terkenal disini adalah keindahan terumbu karangnya. Hampir seluruh gugusan pulau-pulau dikelilingi terumbu karang hingga kedalam 40 meter. Berbagai macam terumbu karang,ikan baik ikan konsumsi maupun ikan hias dan biota laut ada di dalamnya. Terdapat 12 titik penyelaman yang dikenal karena keindahan dan karakteristiknya yaitu Ezdir Reef di P.Cemara Besar, Antonys Point di P.Tengah, Indonor di Batu Lawang/Kemujan, Mylim Reef di P.Menjangan Kecil, Never Ending di Karang Kapal dll. Selain menyelam langsung kita dapat melihat keindahan terumbu karang melalui kapal khusus yang di bagian tengahnya terbuat dari kaca. Sehingga ketika tepat berada di atas terumbu karang kita bisa melihatnya secara langsung dari kapal. Jadi bagi anda yang tidak bisa menyelam tetapi tidak ingin melewatkan kesempatan melihat terumbu karang yang indah naik kapal kaca inilah solusinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s